manfaat tanaman Habbatussauda

Habbatussauda merupakan tanaman yang tumbuh  di indonesia tanaman inoi biasa di gunakan sebagai bumbu penyedap masakan dan juga di gunakan sebagai obat herbal.Habbatussaudalebih di kenal dengan nama jintan hitam manfaat yang di dapat dari jintan hitam  ini diantaranya mampu menyembuhkan berbagi macam penyhakit,seperti :
1.Mengobati penyakit kencing manis atau diabetes.
2.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
3.Membantu memperlancar peredaran darah.
4.Mengobati sakit perut.
5.Membantu penyembuhan masuk angin.
6.Membunuh sel sel kanker ( Anti kanker).
7.Menstabilkan kadar gula dalam darah.
Kandunga  yang terdapat dalam jintan hitam yaitu

  • Minyak asiri
  • Saponin
  • Thimoquinone
  • Alkaloid

Minyak Asiri 
Minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, hasil sulingan (destilasi) minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi.
Para ahli biologi menganggap minyak atsiri sebagai metabolit sekunder yang biasanya berperan sebagai alat pertahanan diri agar tidak dimakan oleh hewan (hama) ataupun sebagai agensia untuk bersaing dengan tumbuhan lain (lihat alelopati) dalam mempertahankan ruang hidup. Walaupun hewan kadang-kadang juga mengeluarkan bau-bauan (seperti kesturi dari beberapa musang atau cairan yang berbau menyengat dari beberapa kepik), zat-zat itu tidak digolongkan sebagai minyak atsiri.
Saponin

Saponin adalah suatu glikosida alamiah yang terikat dengan steroid atau triterpena.                     Saponin mempunyai aktifitas farmakologi yang cukup luas diantaranya meliputi:
immunomodulator,
 anti tumor,
 anti inflamasi,
 antivirus,
anti jamur,
dapat membunuh kerang kerangan, hipoglikemik, dan efek hypokholesterol.
 Saponin juga mempunyai sifat bermacammacam, misalnya:
terasa manis, ada yang pahit, dapat berbentuk buih, dapat menstabilkan emulsi, dapat menyebabkan
hemolisis.

 Thimoquinone
 

Zat aktif yang berkhasiat untuk mengatasi sesak nafas karena alergi dan asma karena alergi adalah thymoquinone dan dithymoquinone. Berikut adalah struktur kimia dari senyawa thymoquinone dan dithymoquinone:
       
Thymoquinone    
 
                                           Dithymoquinone

Sifat fisika kimia dari senyawa thymoquinone dan dithymoquinone :
·      Timoquinon dan ditimoquinon (senyawa terpenoid/m.atsiri) memiliki sifat mudah menguap, mudah teroksidasi, titik lebur rendah, berupa cairan tak berwarna, tidak larut dalam air, dapat berbau aromatik, memiliki titik didih 140 – 180 °C.
·      Sifat kimia timoquinon dan ditimoquinon tidak larut dalam air,  larut dalam eter, etanol 90%, n-heksana.
 Alkaloid

Alkaloid biasanya diklasifikasikan menurut kesamaan sumber asal molekulnya (precursors), didasari dengan metabolisme pathway (metabolic pathway) yang dipakai untuk membentuk molekul itu. Kalau biosintesis dari sebuah alkaloid tidak diketahui, alkaloid digolongkan menurut nama senyawanya, termasuk nama senyawa yang tidak mengandung nitrogen (karena struktur molekulnya terdapat dalam produk akhir. sebagai contoh: alkaloid opium kadang disebut "phenanthrenes"), atau menurut nama tumbuhan atau binatang di mana senyawa itu diisolasi. Jika setelah alkaloid itu dikaji, penggolongan sebuah alkaloid diubah menurut hasil pengkajian itu, biasanya mengambil nama amine penting-secara-biologi yang mencolok dalam proses sintesisnya.